• SMK NEGERI 2 BUKIT BATU
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Sejarah SMK Negeri 2 Penerbangan Bukit Batu

Pendidikan adalah kunci keberhasilan dalam pengembangan politik, ekonomi sosial dan budaya suatu Negara. Agar suatu Negara memiliki sumber daya manusia yang baik maka mutu pendidikan harus ditingkatkan melalui penyediaan sarana dan prasarana yang memadai.

Pendidikan merupakan masa depan sebuah bangsa, apa bila sebuah Negara ingin maju maka pendidikan merupakan hal yang paling utama untuk diperhatikan. Hasil penelitian yang dilakukan pada Tahun 2001 menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia menduduki rangking 106 dari 126 Negara-negara ASEAN yang merupakan Negara tetangga.

Untuk itu diperlukan langkah-langkah kongkrit dan komitmen yang kuat dari pemerintah indonesia dalam mengelola pendidikan seiring dengan kualitas pendidikan, Indonesia juga sedang menghadapi masalah perluasan dan pemerataan pendidikan yang menurut para pengambil kebijakan untuk melakukan berbagai langkah kongkrit dan tepat sasaran.

Undang-undang No 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah (termasuk pemekaran wilayah) telah membawa angin segar bagi pendidikan dibangsa ini terutama bagi daerah propinsi dan kabupaten. Karena dengan undang-undang ini pemerintah propinsi dan kabupaten bisa melakukan berbagai hal demi kemajuan pendidikan didaerah masing-masing.

Otonomi Daerah dan Era Global merupakan tantangan yang harus dijawab dengan kebijakan dan program pengelolaan sekolah yang berbasis pada potensi dan kondisi sekolah dengan outcame yang mengacu pada kebutuhan pasar dan membekali tamatan dengan kecakapan dan keberanian memecahkan permasalahan dalam kehidupan.

Reformasi pendidikan menengah kejuruan telah digulirkan sejak tahun 1993 yang ditandai dengan visi bahwa SMK harus secara kuat menunjang perkembangan ekonomi nasional, maka salah satu strategi operasional diberlakukannya Pendidikan Sistem Ganda sebagai pola umum penyelenggaraan Kurikulum SMK yang merupakan bentuk implementasi dari kebijakan Link and Match dalam rangka mendekatkan relevans antar kualifikasi ketrampilan tamatan SMK dengan kualifikai ketrampilan jabatan kerja.

Oleh karena itu perlu diupayakan adanya pola layanan pendidikan menengah yang paling mungkin untuk diselenggarakan dalam beberapa tahun kedepan, sehingga diharapkan daya jangkau layanan pendidikan menjadi semakin luas dengan tetap menjaga kualitas pendidikan itu sendiri.

Maka pada tahun pelajaran 2014/2015 didirikanlah sebuah Sekolah Menengah Kejuruan dengan keluarnya SK Izin Pengoperasian Sekolah No : 018/KPTS-DISDIK/I/2014 Tanggal 2 Januari 2014 dan SK Pendirian dan Penegrian No : 102/KPTS/III/2014 pada Tanggal 19 Maret 2014. Dengan program keahlian Airframe & Powerplant, dan pada tahun pelajaran 2015/2016 dibuka program keahlian Aviation Electronics atau yang lebih dikenal dengan nama Avionic.

Dengan berdirinya SMKN 2 Penerbangan Bukit Batu di kabupaten Bengkalis, SMK ini merupakan satu-satunya SMK Penerbangan yang berstatus Negeri di propinsi Riau dan SMK Negeri Penerbangan kedua di pulau Sumatra. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Studi Keahlian Teknologi Pesawat Udara mempunyai tujuan utama untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang produktif, mampu bersaing dalam mengisi lowongan kerja dan atau mampu menciptakan lapangan kerja sendiri dan sesuai yang diharapkan dari Visi, Misi dan Tujuan SMK Negeri 2 Penerbangan Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Jurusan

Airframe Powerplant Jurusan ini mengulas dan mempelajari tentang seluk beluk bagaimana cara merawat atau memelihara serta memperbaiki Struktur Rangka dan perbaikan Mesin Pesawat Terbang

21/04/2020 00:24 - Oleh Administrator - Dilihat 1643 kali
Visi dan Misi

VISI "Mewujudkan SMK Negeri 2 Penerbangan Bukit Batu sebagai pencetak Sumber Daya Manusia Profesional dalam bidang Teknologi dan Industri yang mampu menghadapi era global.   MISI M

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 1075 kali