• SMKN 2 PENERBANGAN
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Bupati Amril Hadiri Pelantikan Taruna SMK Negeri Pelayaran dan Penerbangan

BUKITBATU, BENGKALIS, RIAU, - Bupati Bengkalis Amril Muminin, Senin (28/3/2016) pagi, menghadiri pelantikan 83 orang Taruna-Taruni Angkatan XIII SMK Negeri 1 Pelayaran Bukit Batu Bidang Keahlian Pelayanan dan Teknoologi Informatika serta 43 orang Angkatan II SMK Negeri 2 Penerbang Bukit Batu Bidang Teknologi Pesawat Udara di Kecamatan Bukit Batu.

Diirinsi lagu Syukur ciptaan H Mutahar, pelantikan gabungan taruna-taruni kedua SMK itu, dipusatkan di halaman SMK Negeri 1 Pelayaran, Desa Pangkalan Jambi itu, ditandai dengan penyematan tanda pangkat secara simbolis oleh Amril kepada 5 orang perwakilan taruna-taruni (3 orang dari SMK Negeri 1 dan 2 orang dari SMK Negeri 2).

Kata Amril, sesuai data di Kementerian Perhubungan, tahun 2015 lalu, kebutuhan pelaut bagi kapal Indonesia mencapai 43.806 orang. Sementara hingga saat ini, lulusan lembaga pendidikan negeri maupun swasta hanya 3.500 per tahun. Atau hanya 7,99 persen dari kebutuhan.

Sementara untuk perusahaan penerbangan, imbuhnya, tiap tahunnya membutuhkan sekitar 1.200 tenaga teknisi. Namun SMK penerbangan baru bisa memenuhi sekitar 30 persen saja. Karena jumlah SMK penerbangan di tanah air masih minim. Di sisi lain, bisnis penerbangan di Indonesia meningkat rata-rata 8,17 persen tiap tahunnya.

"Kedua data yang dipaparkan tersebut merupakan bukti bahwa setiap lulusan SMK Pelayaran maupun Penerbangan ditunggu lapangan kerja. Berbeda dengan lulusan sekolah sederajat yang justru sebaliknya," Amril memotivasi.

Meskipun begitu, kepada seluruh taruna-taruni di kedua SMK Negeri tersebut, selaku inspektur upacara, Amril tetap mengingatkan agar senantiasa tekun, rajin dan belajar dengan sebaik-baiknya.

Pesannya, walaupun peluang kerja terbuka lebar, katanya, kualitas dan kompetensi yang dimiliki setiap lulusan, tetap akan menjadi salah satu persyaratan pertama dan utama yang diperlukan dalam berkompetisi untuk merebut peluang itu. Lebih-lebih untuk perusahan-perusahan pelayaran dan penerbangan terkemuka.

Apalagi saat ini, imbuhnya, kita sudah berada pada era masyarakat ekonomi ASEAN, dimana lulusan institusi pendidikan serupa dari negara-negara ASEAN lainnya, juga memiliki kesempatan sama untuk merebut peluang dimaksud.

"Artinya, dalam mendapatkan peluang dimaksud, setiap lulusan, baik itu SMK Negeri 1 Pelayaran maupun SMK Negeri 2 Penerbangan Bukit Batu, akan dihadapkan pada tiga persaingan. Yaitu, antar sesama alumni, dengan tamatan SMK serupa dari daerah lain, maupun dengan lulusan sekolah sejenis dari negara lain," ujar Amril, mengingatkan.

Selain Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, H Heri Indra Putra, ikut mendampingi Amril dalam kegiatan itu, diantaranya, Camat Bukit Batu M Fadlul Wadji, dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni. Sedangkan dari DPRD Bengkalis yang hadir diantaranya H Azmi RF, Hj Siti Aisyah, dan Fahrul Nizam. Serta para orang tua/wali murid Taruna-Taruni yang dilantik.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kebutuhan SDM Industri Penerbangan Asia Pasifik Ditaksir Naik

JAKARTA – Maskapai penerbangan Boeing menyatakan, kebutuhan sumber daya manusia industri penerbangan di kawasan Asia Pasifik bakal melesat dan diperkirakan akan mewakili lebih dar

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 26 kali
Siswa SMK Penerbangan Diberi Pembekalan Aspek Keselamatan Transportasi Udara

BENGKALIS - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan melalui Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug melaksanakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) tipe revita

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 21 kali
Didukung Peralatan Modern, SMK Negeri 2 Penerbangan Bukit Batu Siap Cetak Lulusan Berkompeten

BENGKALIS - SMK Negeri 2 Penerbangan Bukit Batu berusaha menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan handal dalam menangani Kelistrikan dan perawatan rangka serta mesin pesawat

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 27 kali
Kemendikbud Catat Hanya 15 Persen Lulusan SMK Penerbangan Bisa Masuk Perguruan Tinggi Vokasi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat hanya belasan persen siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan penerbangan yang dapat melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Vokasi Pener

15/03/2020 19:18 - Oleh Administrator - Dilihat 19 kali